Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Daerah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Musyawarah Daerah Tahun 2012. Acara yang berlangsung di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur diawali dengan kegiatan seminar. Sesi pertama menampilkan Aditya Nugraha, ST, M.S. dengan moderator Melkion Donald, S. Pd., M. Hum. dan sesi kedua diisi dengan talkshow bersama Maria Selena, Putri Indonesia Tahun 2011 yang dipandu langsung oleh Drs. A. Mudjib Afan, MARS, Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Aditya Nugraha, Kepala Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya pada seminar tersebut menyatakan bahwa dewasa ini perpustakaan menghadapai banyak tantangan, seperti semakin baiknya institusi perpusdokinfo yang lain, terjadi perubahan kegiatan rutinitas kepustakawanan akibat penerapan teknologi informasi dan komunikasi dan munculnya generasi muda yang digital native, oleh karena itu,
para pustakawan harus menyadari bahwa perpustakaan sekarang ini tidak dapat lagi dianggap hanya sekedar sebagai sarana penyimpan bahan pustaka tetapi harus dilihat sebagai sebuah ruang publik, tempat masyarakat berkumpul dan saling berinteraksi. Berbagai program inovatif dan kreatif perlu diterapkan sehingga masyarakat tertarik untuk datang dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia. Perpustakaan harus membuat masyarakat merasa bahwa intitusi tersebut adalah milik mereka. Jika ini tercapai, maka profesi pustakawan akan mendapat pengakuan dan penghargaan yang layak sehingga profesi ini menjadi profesi yang menarik dan menyenangkan.
Dalam sambutan pembukaan, Drs. A. Mudjib Afan, MARS selaku Ketua Dewan Pembina mengajak para pustakawan yang tergabung dalam organisasi profesi IPI untuk memberikan masukan kepada perpustakaan Jawa Timur tentang strategi pembudayaan kegiatan membaca. Selain itu, beliau juga menyoroti keterbatasan jumlah pustakawan. Menurutnya, IPI perlu melakukan kegiatan-kegiatan dalam masyarakat sehingga keberadaan profesi ini semakin dikenal dan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menekuninya.
Musda dimulai sekitar pukul 13.00 berlangsung lancar dengan semangat demokratis dan berhasil membuat beberapa keputusan diantaranya adalah memilih Drs. Abimanyu PI, MM sebagai Ketua Pengurus Daerah IPI Provinsi Jawa Timur Masa Bakti 2012 – 2015.